News

Prof. Nasar Minta KH. Muhammad Tahir Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

prof nasar II

Seputarsulawesi.com, Polewali Mandar- Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA meminta agar nama Annanguru KH. Muhammad Tahir (Imam Lapeo) diusulkan jadi pahlawan Nasional, kerena menurutnya, Imam Lapeo tak hanya menjadi tokoh panutan warga Mandar, tapi juga Indonesia.

“Tidak mungkin haul yang digelar di Masjid Lapeo seramai ini, jika sekiranya Imam Lapeo itu bukan kekasih Allah. Olehnya itu, saya meminta agar nama Imam Lapeo ini diusulkan sebagai pahlawan Nasional,” katanya saat menyampaikan Tauziah di acara haul Annanguru Imam Lapeo, di Masjid Lapeo, Selasa (23/08).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Nasar juga mengatakan, kekasih Allah (Wali Allah) tak pernah mati. Jika dibacakan surah Alfatiha di makamnya, maka mereka para kekasih Allah itu akan senantiasa ikut mengaminkan bacaan surah al-fatiha itu.

“Meski mereka telah tiada secara fisik, namun para wali Allah itu senantiasa diberi rezki, dan alangkah miskinnya orang yang sudah wafat apabila ia tidak pernah didoakan,” papar pria yang akrab disapa Prof. Nasar ini.

Senada dengan itu, Prof KH. Zainal Abidin, M.Ag yang juga hadir menyampaikan tauziah di acara tersebut mengatakan, Imam Lapeo termasuk salah seorang Wali Allah, dan sekiranya haul Imam Lapeo ini dilaksanakan setiap tahun, maka negeri ini akan  terhormat disebabkan karena kemulian ulamannya.

Tak hanya itu, Ketua MUI Kota Palu ini juga menguraikan kehebatan Imam Lapeo. Menurutnya, salah satu kehebatan yang dimiliki oleh ulama kharismatik Sulbar itu adalah keihlasannya dalam berjuang, sehingga setiap perjuangannya senantiasa menghasilkan buah yang baik.

Demikian pula, keberhasilan Imam Lapeo dalam menyiarkan Islam di tanah Mandar tak lepas dari sikapnya yang arif dan tak suka menyalahkan orang. Sehingga tidak mengherankan jika ia bisa kemana-mana dan terima oleh siapa saja.

“Dalam menghadapi masalah, selain mengedepankan sikap tawadhu, juga selalu bersikap arif dalam menghadapi setiap masalah,” tambahnya. (Suaib)

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top