News

Mahasiswa Sebagai Cahaya Pencegahan Terorisme di Kampus

syahrin harahap

Jalur9.com, Kupang- Lewat Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendatangi kampus untuk sosialisasi pencegahan terorisme di perguruan tinggi.

Kepala Bidang Agama, Pendidikan dan Dakwah, KH. Abdul Makarim mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa dan dosen tentang ciri-ciri, perkembangan dan langkah-langkah pencegahan radikalisme di perguruan tinggi dan Provinsi NTT pada umumnya.

Turut hadir sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA (Guru Besar UIN Sumatera Utara) dan Suaib Prawono (Koordinator GUSDURian Sulawesi).

Dalam pemaparannya, Syahrin menyampaikan bahwa mahasiswa adalah cahaya di kampus dalam melakukan pencegahan terorisme.

“Mahasiswa adalah cahaya terang di kampus, maka mahasiswa harus terlibat dalam pencegahan radikalisme di perguruan tinggi,” jelasnya Guru Besar UIN Sumut, 25/10/2017.

Syahrin juga menyatakan “Kalau kalian belajar ilmu agama, harus dari ustadz, pendeta dan pastor memiliki ilmu agama yang dalam. Bukan yang belajar agama di cafe. Belajar agama harus dari referensi yang jelas, standar dan berlaku umum” tegas Syahrin di hadapan 130 peserta.

Selanjutnya, Suaib Prawono menyampaikan bahwa lembaga dakwah kampus adalah lembaga paling representatif dalam membentengi serangan paham radikal di perguruan tinggi.

“Kalau lembaga dakwah kampus tidak berperan aktif dalam pencegahan paham radikalisme, maka kampus tidak hanya akan melahirkan sarjana, tapi juga terorisme,” jelasnya.

Kembali Suaib menekankan jika paham radikalisme dan gerakan berbau SARA terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan negara ini akan bubar.

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top