Jalur9.com, Makassar – Siapa sangka, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang kelahiran Palembang itu, ternyata doyan makanan Makassar. Hal itu ia akui saat melakukan kunjungan kerja di Makassar selama dua hari.  “Dinas di mana pun. Makanan Makasar selalu sya cari, coto Makassar, Pallu Basa, kopi Phoenam” ungkap Tito, (23/8/2016)
Pertama kali ia mencicipi makanan khas Makassar, yaitu ia tugas di kota Daeng ini pada tahun 2002 hingga 2003. Meskipun hanya setahun, namun ia merasa banyak kesan di Makassar. Di kota Daeng ini, Tito banyak ditemui tokoh dan sahabatnya, hingga Walikota Makassar dan Gubernur Sulsel pun membuatkan acara spesial untuk Kapolri Tito.
Selama dua hari, Jenderal Tito mendapatkan dua kali pula gelar kerajaan. Penghargaan pertama yakni pemberian Badik Pusaka sekaligus pemberian penghargaan warga kehormatan masyarakat Makassar, kedua ia diberi gelar raja ‘La makkasau Daeng Paliweng’ dan pakaian pusaka oleh Raja Bone ke 18 “Cukup lama, sebelumnya saya hampir setahun (tugas) disini. Saya banyak kesan disini. Banyak kawan dan kesan yang mendalam.” Beber Tito.
Meski bertugas sebagai Kasat Serse Tipiter Reserse Polda Sulawesi Selatan (2002) hanya setahun, namun ia merasa Makassar sudah seperti rumahnya. “Meski tugasnya singkat, Makassar juga salah satu rumah bagi saya. Saya tidak pernah lupa Makassar” tutup Tito
Laporan: Zulfikarnain Tellesang