PP GP Ansor, GMKI dan GAMKI mengutuk pemukulan anggota Banser dan GP Ansor Manado, yang dilakukan oleh pihak aparat Kepolisian Manado 1 juni lalu.

Karena kejadian ini, Pengurus Pusat GP Ansor meminta agar Kapolres Manado Sulawesi Utara dicopot dari jabatannya. PP Ansor juga bersama dengan PP GMKI dan DPP GAMKI menyatakan sikap mengutuk keras tindakan represif yang dilakukan aparat Kepolisian dan Satuan Pamong Praja di Manado Sulawesi Utara.

Wakil Ketua Umum PP GP Ansor, Benny Rhamdani mengatakan aparat keamanan sangat tidak profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi Negara. Dan bertolak belakang dengan kebijakan Polda Sulawesi Utara yang selama ini mengedepankan pendekatan humanis serta terkesan memahami kondisi sosiokultural yang dihapadi oleh masyarakat setempat.”  Karena kasus ini pihak GP Ansor Manado akan mengawal kasus ini secara serius sampai mendapat titik terang penyelesaiannya” tutur Benny.

“Dalam kejadian yang ironi ini, dibuktikan dengan beberapa dokumentasi foto terlihat jelas, ketika para aparat kepolisian yang seharusnya mengayomi masyarakat dan menjaga masyarakat justru melakukan hal-hal diluar batas perikemanusiaan” jelas Ayyub Manuel Pongrekun, Ketua Umum PP GMKI.

(ullah/zul)