Artikel

Ini Ulasan Tentang Perbedaan Dalam Islam

berdoa

Jalur9.com, Seringkali manusia berdebat dan berselisih tentang perbedaan terhadap suatu paham atau mazhab, tidak jarang kita dapatkan manusia yang fanatik dan menggap bahwa pahamnya-lah yang benar, padahal perbedaan adalah nikmat.

Berikut ulasan Gurutta Haji Muhammad Idman Salewe. Sebuah hadis yg diriwayatkan Abu Daud, al-Tirmizdi, Ibnu MaJah, Ahmad, Darimi, al- Hakim dan lain lain. dari hadis irbah bin saariyah ” Barang siapa yang hidup diantara kamu sesudahku ( sepeninggalku ), niscaya dia akan melihat perselisihan yang banyak, maka hendaklah berpegang dengan sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin al mahdiyyin , berpeganglah dengannya dan gigitlah dengan gigi getahanmu, jauhilah olehmu segala urusan yang baru karena sesungguhnya setiap utusan baru itu bid’ah setiap bid’ah adalah sesat.”

Terjadinya ikhtilaf Sejak awal sejarah umat ini dan di kalangan manusia yang paling mulia setelah para nabi dan 7. rasul. Imam al- Suyuthi berkata dalam bagian awal risalahnya, Jazil alMawahib fi ikhtilaf al mazahib ketahuilah bahwa, ikhtilaf berbagai mazhab dikalangan umat islam adalah nikmat besar dan anugrah yang agung. ikhtilaf adalah peluang untuk kemudahan jika paradigma fiqhi memandang ikhtilaf sebagai pertentangan antara kebenaran dan kebatilan paradigma, akhlak melihat ikhtilaf sebagai peluang untuk memberikan kemudahn dalam menjalankan agama.

Didalm ajaran agama islam permusuhan dilarang antara umat islam, mereka itu hanafiah,malikiyah, syafiiyah dll, apalagi sudah mengucapkan kalimat tauhid.

Lebih dari itu Hadis dari al Miqdad bin al Aswad ra. ia berkata wahai rasulullah aku bertemu dengan seorang pria dari golongan Musyrik, maka aku senang dirinya dia membabatku dengan pedangnya sehingga memutuskan sebelah tanganku kemudian dia berlindung dibawah pohon lalu berucap kalimat tauhid apakah boleh membununya? nabi menjawab jangan kau bunuh walaupun dia seorang musyrik. Oleh karena itu dahulukan akhlak diatas fiqih.
(Ancha)

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top