News

Ini Hukum Buka Puasa Bersama Dengan Non-Muslim

Screenshot_2016-06-19-00-32-24_1466267591363

Jalur9.com, Makassar-  Sosial media kita kembali riuh, beredarnya ujaran kebencian (hate speech) berupa fitnah dan penghinaan kepada Istri almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) lewat ciutan di sebuah akun twitter, mendapat tanggapan berbagai kalangan. Hal tersebut dilatari oleh adanya kegiatan buka puasa bersama Hj. Sinta Nuriyah dengan sejumlah tokoh Katolik di Gereja Yakobus Zebedeus Semarang  (18/6), yang lalu menuai pro dan kontra.

Merespon isu yang kian hangat tersebut, tim jalur9.com mencoba  melakukan wawancara dengan beberapa tokoh Nahdlatul ‘Ulama (NU) Sulsel, untuk miminta klarifikasi sekaligus pendapat berkaitan dengan hukum buka puasa bersama dengan kalangan non-muslim.

Dalam wawancara yang dilakukan tim jalur9.com, Wakil Khatib PWNU Sulsel KH. Muammar Bakri mengatakan, bahwa mengundang kalangan non muslim untuk buka puasa bersama tidaklah masalah, sebab menurutnya hal itu merujuk kepada Al Quran Surah Al Mumtahanah ayat 8-9, yang artinya “Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.”

“Ayat ini juga mengajarkan kita prinsip toleransi, yaitu hendaklah setiap muslim berbuat baik kepada yang lain, selama tidak ada sangkut pautnya dengan agama”, terang Pimpinan Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar ini.

Sementara Rais Syuriah NU Kota Makassar KH.Baharuddin, HS juga mengatakan hal serupa, “jika kita buka puasa bersama orang non muslim, itu tidak apa-apa” tutur tokoh NU yang juga menjabat Ketua MUI Kota Makassar ini.

(Hamsin/Fadlan)

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top