Gowa – Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2KP) Bagi pengrurus PKK Desa Se-Kota Tidore Kepulauan Kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Tidore Kepulauan , Provinsi Maluku utara di Aula Syech Yusuf, BBPP Batangkaluku, Jumat (15/12/2017).

Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Balai BBPP Batangkaluku, kemal Mahfud. Ia mengatakan kegiatan ini memberikan informasi tentang bagaimana merencanakan, mengelola dan mengembangkan produk hasil pertanian, kepada tim penggerak PKK Desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
IMG-20171216-WA0010
Sementara itu, Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi dan Sosial Budaya Provinisi Tidore Kepulauan, Boki Hajar Arif mengungkapkan pelatihan ini dapat memperbaiki ekonomi keluarga.

“Setidaknya ada output yang dihasilkan artinya ada perubahan yang dulunya itu masih menggunakan metode yang biasa/ standar, kembali dari sini ada nilai tambah atau inovasi dibawa pulang yang tidak hanya untuk diri sendiri, tapi untuk masyarakat yang di sekitar kami khususnya Desa Kota Tidore Kepulauan” ungkap Boki

Senada, Andi Amal Hayat Makmur selaku Kepala Seksi Bidang Program dan Kerjasama Pelatihan mengatakan pelatihan ini dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode untuk mendukung pencapaian hasil.

“Proses pembelajaran dilaksanakan dengan pola 20% kegiatan adalah teori dan 80% praktek langsung dilapangan,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 Minggu, dari Tanggal 14 hingga 20 Desember 2017 dan diikuti 44 peserta.