Jalur9.com – Kemendesa telah menyurat 4 bulan lalu agar pendamping desa tingkat kecamatan dan kabupaten untuk petimbangan relokasi, hal ini untuk menyesuaikan dengan latar belakang sosial kultur pendamping desa agar memudahkan sosialisasi, atau dengan kata lain menyesuikan alamat KTP, minimal kabupaten terdekat.

Hal ini diungkapkan  Harbit Manika, Tenaga Ahli P3MD Nasion. Ia berpandangan, relokasi dilakukan karena kondisi lapangan, beberapa kabupaten terdapat kekosongan karena berakhirnya  pendamping desa dari program PNPM.

“Setelah pelatihan pendamping desa yang baru, diperkiakan pada akhir bulan ini akan rampung (relokasi), sehingga dilakukan kocok ulang lokasi pendamping desa. Baik pendamping desa tingkat kecamatan maupun pendamping desa tingkat kabupaten” kata Harbit

Ia menyasar paling tidak bulan depan, pendamping desa sudah direlokasi. “Kita berharap. Penempatan lokasi pendamping desa yang diperkirakan per tgl 1 Agustus 2016, benar-benar berdasarkan asal pendamping, agar dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya” Tutup Harbit.