News

Geo Politik Harus Menjadi Fokus Kajian IKA PMII Sulsel

prof-nasaruddin-umar

Jalur9.com, Makassar- Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. Nasaruddin Umar menyarankan agar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sulawesi Selatan fokus pada kajian geo politik dunia serta fokus mencetak pemikir untuk masa depan bangsa ini.

“PMII Sulsel kedepan harusnya tidak lagi berbicara tentang pengkaderan konvensional, tapi dengan adanya wisma pergerakan ini kita harus bisa melahirkan pemikir hebat dari Indonesia Timur,” katanya saat menyampaikan pidato di acara peresmian Wisma Pergerakan IKA PMII Sulawesi Selatan di Jl. Andi Tonro, Makassar, Minggu (25/12).

Dari segi pengetahuan, kata Prof Nasar, tidak sepantasnya Sulawesi Selatan tertinggal, karena sejak dari dulu wilayah ini menjadi tempat lahirnya pemikir-pemikir hebat yang diakui oleh dunia, seperti Karaeng Pattingalloang.

“Saya baru tahu siapa itu Karaeng Pattingalloang ketika saya belajar di Prancis. Salah satu kehebatan Karaeng Patingaloang karena ia mampu memahami berbagai bahasa asing. Dan ketika ia berbahasa Portugis dan Spanyol banyak orang tidak tahu kalau Karaeng Patingaloang itu orang Sulsel,” katanya lagi.

Lebih lanjut, Mantan Wakil Menteri Agama ini mengatakan, tantangan besar PMII kedepannya adalah bagaimana mempertahankan Islam moderat, karena paham tersebutlah sehingga Indonesia bisa bertahan hingga saat ini.

“Kalangan atas sudah tergerus dengan paham liberalisme (free market system), kita penting untuk mempertahankan barazanji, tapi Barazanji moderen dengan cara melakukan pembacaan terhadap cara pandang Rasulullah Saw dalam membangun masyarakat juga tidak bisa diabaikan,” katanya di hadapan puluhan alumni PMII.

Turut hadir pada acara ini, sepuh dan kader PMII Sulsel, diantaranya Anggota DPR-RI, Andi Jamaro Dulung, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Numang, Ketua Yayasan Badan Wakaf UMI, M Mokhtar Noerjaya serta mantan legislator kota Makassar, Nasran Mone selaku promotor Wisma pergerakan ini.

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top