Jalur9.com – Makassar- Bupati Sidrap dua periode, Rusdi Masse disebut-sebut mempunyai peluang besar akan menahkodai Partai Nasional Demokrat (NASDEM) Sulsel untuk periode selanjutnya. Sejumlah tanggapan muncul terkait dinamika politik ini.

Tanggapan datang dari Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad menganggap Bupati Sidrap ini belum saatnya memimpin NASDEM Sulsel,hal ini dikarenakan Rusdi Masse butuh beradaptasi dengan ideologi politik dan flatfoam NASDEM, Selain itu partai bentukan Surya Paloh ini, juga memiliki kader yang telah matang dan berkontribusi untuk pengembangan partai.

“Kompetensi dan pengalaman kepemimpinan RMS (Rusdi Masse Red) selama menjabat Bupati dan Kader Golkar menjadi modal politik untuk pimpin NASDEM. Namun etika politiknya, RMS belum saatnya langsung jadi pimpinan karena butuh proses adaptasi untuk memahami ideologi nasdem. Seharusnya kader internal NASDEM yang mesti didorong seperti Rahmatika atau Arum Spink,” jelasnya saat dihubungi jalur9.com Minggu (12/6/2016).

Iapun memaparkan terkait dinamika politik jelang pemilihan Gubernur Sulsel mendatang, Bagi Firdaus, jika NASDEM dipimpin Rusdi Masse, maka peluang Ihsan Yasin Limpo (IYL) mengendarai NASDEM di Pemilihan Gubernur Sulsel akan terbuka.

“Kalau RMS pimpin NASDEM maka peluangnya bakal dukung IYL dan bukan mengusung Lutfi atau Akbar Faisal sekalipun mereka kader NASDEM sendiri,” tandasnya

(Marwah/ar)