Jalur9.com – Balai Penyuluhan Pertanian,Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Barru bekerja sama Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa P3MD Barru menggelar Kursus Tani. Kursus tani digelar dengan melibatkan kelompok tani barru Peserta.

Salah satu narsumber, Sumarno menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk peningkatan kapasitas petani, “Materi yg di percayakan ke saya adalah Sistem Pertanian Berbasis Alami, di harapkan Para Petani mampu membuat sendiri Pupuk dan Pestisidanya  sehingga Kemandirian Petani bisa Terwujud di Pedesaan” Papar Tenaga Ahli P3MD ini. (2/4)

Ia juga mengharapkanadanya dorongan percepatan kedaulatan pangan dan kesejahtraan petani. ”Dengan konsep Pertanian berbasis Alami, bagi kami ini adalah Perang, Perang melawan pemodal yang selama ini mencengkram Petani. Oleh Karena itu kita berharap semua Lokasi P3MD Di Sulsel untuk mendorong secara partisipatif pelatihan seperti ini, kalau perlu ikut dalam perencanaan Desa di Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Ini konkrit untuk kesejahtraan Petani” kata Sumarno,

Selain itu, Sumarno menyebutkan secara kultural mesti ada upaya mengembalIkan Budaya Pertanian Masyarakat Desa, sebagaimana yang menjadi salah satu subtansi lahirnya Undang-Undang Desa.

Laporan Zul