News

Balitbang Agama Makassar Teliti Paham Radikal di Sekolah

IMG-20160822-WA0002

Jalur9.com. Makassar – Balai Litbang Agama Kota Makassar kembali menggelar pembahasan penelitian tentang respon siswa terhadap paham radikalisme. Penelitian yang dikhususkan untuk siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Madrasah Aliyah (MA) ini, dilaksanakan di Aula Balitbang Agama Kota Makassar (19/8).

Faisal,  salah seorang peneliti mengungkapkan dari penelitian awalnya di beberapa sekolah, ditambah informasi dari diknas, guru maupun kepala sekolah, paham-paham radikal teridentifikasi telah berkembang di sejumlah sekolah. “Hal ini salah satunya disebabkan oleh adanya beberapa orang yang mengajar di sekolah tersebut yang cenderung berpaham radikal” paparnya di hadapan forum.

Hal senada disampaikan Suaib Prawono yang hadir sebagai peserta, ia menyampaikan hasil wawancaranya dengan seorang guru di salah satu sekolah di Sulawesi-selatan, guru tersebut mengatakan bahwa ada sekelompok orang dengan paham keagamaan yang cenderung keras, biasa melaksanakan kegiatan seperti pesantren ramadan di sekolah tersebut, “hasilnya setelah selesai mengikuti kegiatan pesantren ramadan banyak siswa yang tiba-tiba membid’ahkan bahkan mengharamkan tradisi-tradisi orang tua mereka” ungkap Suaib.

Ali Saputra, koordinator peneliti yang ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan bahwa tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana respon kalangan siswa terhadap  paham radikalisme. apakah siswa memiliki sikap setuju atau tidak setuju dengan paham radikalisme. “Penelitian ini dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia Timur seperti Samarinda, Ambon, Kendari, Palu, dan Sulawesi Selatan” Jelas Ali Saputra. (Hamsin)

Komentar Pembaca

SPACE IKLAN

POPULER

SPACE IKLAN
To Top