Jalur9.com, Poso – Seorang anggota TNI tewas tertembak di Desa Towu, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Rabu (27/7/2016). Beliau diketahui bernama Muhammad Ilman, berpangkat Sersan Dua (Serda) yang sehari-hari bertugas sebagai Tim Intel Korem 132/Tadulako.

Dari informasi yang dihimpun tim jalur9.com, awalnya Serda Ilman diduga ditembak oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso yang tewas tertembak saat operasi gabungan beberapa waktu yang lalu. Namun dari informasi terakhir, ada dugaan Serda Ilman tewas tertembak oleh sesama anggota Tim Satgas Tinombala akibat terjadinya kesalahan prosedur. Hal itu disampaikan oleh Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Rudi Sufahriadi  saat menggelar konferensi pers di Mapolres Poso sekitar pukul 20.00 Wita.

“Tim Mabes TNI bersama Tim Mabes Polri akan melakukan investigasi besok di TKP yang bertempat di Poso Pesisir Utara,” pungkas Rudi.

Dugaan kesalahan prosedur juga dibenarkan Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel inf Muhammad Saleh Mustafa. “Tadi pak Kapolda sudah menjelaskan juga saat konferensi pers. Memang ada dugaan mengarah ke sana. Tapi kita tunggu hasil investigasi yang akan dilakukan Mabes TNI dan Mabes Polri,” terang Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa.

Ucapan belasungkawa datang dari berbagai kalangan, rencananya jenazah Serda Ilman akan dipulangkan ke kampung halaman di Kab. Pangkep Sulawesi Selatan.

(Fad)