Jalur9c.om – Pasangan yang telah menikah tentunya tak sabar menunggu kehadiran sang buah hati. Untuk mempercepat proses kehamilannya, sebenarnya penting menjaga gaya hidup dan pola makan setiap hari.

Setidaknya ada enam jenis makanan yang ternyata memiliki peran menyuburkan wanita dan membantunya cepat mencapai kehamilannya, seperti dikutip Parents, Selasa (12/07/2016) berikut ini:

1. Kacang-kacangan

Dalam penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health, ada 19 ribu wanita berusaha untuk mencapai kehamilannya. Sebanyak 39 persen wanita diantaranya mengalami infertilitas.

Peneliti pun menyarankan para wanita tersebut untuk mengonsumsi jenis kacang-kacangan yang mengandung nutrisi baik bagi kehamilan, seperti edamame, kacang lentil, dan kedelai.

2. Es krim

Studi the Nurses’ Health menemukan, satu atau dua porsi susu setiap hari dapat melindungi wanita dari infertilitas. Bukan hanya produk susu yang diminum, namun seperti es krim yang mengandung susu juga disarankan selama proses kehamilan.

Assistant professor of nutrition and epidemiology di Harvard School of Public Health, Jorge E. Chavarro, M.D., Sc.D., yang juga penulis The Fertility Diet berteori bahwa menghindari susu selama proses kehamilan mempengaruhi keseimbangan hormon dan menghambat ovulasi.

Chavarro menyarankan untuk mengonsumsi susu yang tinggi lemak untuk mempercepat kehamilan.

3. Sayuran hijau

Seperti bayam, arugula, brokoli, dan sayuran hijau lainnya sangat disarankan bagi wanita selama menuju proses kehamilannya.

Sayuran tersebut tinggi akan folat dan vitamin B terbukti dapat meningkatkan ovulasi. Bukan hanya bekerja pada wanita–pria yang rutin mengonsumsi sayuran hijau akan menghasilkan sperma dengan kualitas yang baik.

4. Biji labu

Jenis makanan yang kaya akan zat besi ini dipercaya dapat bekerja efektif dalam membantu proses kehamilan.

Sebuah studi menemukan, wanita yang secara teratur mengambil suplemen zat besi 40 persen lebih subur dibandingkan mereka yang tidak cukup asupan zat besi. Cukup dengan memanggang biji labu dalam oven dan santap sebagai camilan.

5. Minyak zaitun

Lemak tak jenuh yang berada dalam minyak zaitun cukup membantu sensitivitas insulin yang mempengaruhi ovulasi wanita.

6. Salmon

Jenis ikan ini kaya akan omega-3 asam lemak yang dapat membantu dalam mengatur hormon reproduksi dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

 

 

(jib)